Untuk menciptakan suasana yang lapang dalam sebuah interior haruslah melalui penataan yang tepat, apalagi dimasa saat ini kita semakin sulit untuk membuat ruang atau rumah hunian, karena keterbatasan lahan dan biaya, dan hal ini tidak berlaku baik kalangan tertentu. Bahkan ruang yang luas pun akan terasa sempit jika design/penataannya kurang tepat, dan bisa di banyangkan apabila interior yang tersedia kurang luas dengan penataan yang kurang tepat pula.
Ruang tamu
Berikut adalah hal yang di perhatikan untuk mensiasati interior yang sempit  :
  • Cahaya : Cahaya sangat berpengaruh sekali, dimana apabila semakin sedikit cahaya yang masuk dalam ruangan akan menimbulkan kesan gelap dan hal ini akan identik dengan kesan sempit dan suram. Dan sebaliknya jika cahaya yang masuk ruangan  semakin banyak akan  akan menimbulkan kesan terang dan hal ini akan identik dengan kesan luas dan lapang.
  • Warna : Aplikasikan warna-warna terang di interior anda, dan tak ada salahnya jika anda memilih warna gelap untuk di aplikasikan di satu bidang dinding anda. Hal ini akan meciptakan suasana yang kontras dan tegas.
  • Furnitur : Pilih dan seleksi furniture yang akan ditempatkan dalam interior, pilihnya furniture yang simple, tidak terlalu banyak asesoris, seperti handle pintu dll. Sebisa mungkin yang mempunyai warna yang cerah, seperti warna putih, serat kayu finish natural, seperti nyatoh, mahoni, sungkai, maple, dll. Dan perhatian pula dimensi dari furniture anda, jika terlalu besar akan mengganggu sirkulasi.
  • Cermin : aplikasikan cermin pada ruangan , Karena cermin akan mebuat  pantulan suasana ruangan, baik dimensi maupun cahaya sehinggah ruangan terasa luas.
Demikian cara-cara mensiasati interior yang sempit. Jika anda merasa interior anda sempit maka lakukanlah hal tersebut diatas….dan lihat hasilnya….. Selamat berkreasi…